KATA
PENGANTAR
Segala puji
bagi Allah yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh
kemudahan. Tanpa pertolongan-Nya mungkin penyusun tidak akan sanggup
menyelesaikan dengan baik.
Makalah ini
disusun agar pembaca dapat mengetahui lebih detail tentang usaha susu sapi murni. Makalah ini
disusun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri
penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan
terutama pertolongan dari Allah, akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini
memuat tentang “KS
Salon” , karena penyusun ingin mendalami tentang cara membuka usaha tersebut.
Semoga makalah
ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Dengan demikian
penyusun mengucapkan terima kasih.
Jakarta,
25 Juni 2013
Penulis
Makalah Kewirausahaan
Pengusaha Salon Sukses di Kota Depok
NAMA :SARAH
KELAS : 2DA01
NPM : 47211890
A. PENDAHULUAN
Ibu
Kamtini merupakan ibu 3 orang anak.selain sebagai ibu rumah tangga beliau juga
bekerja di kantor kantor swata. Beliau mendirikan beberapa usaha seperti salon,
toko burung juga tempat terapi. Usaha salon yang dirintis oleh Ibu Kamtini
sejal tahun 2003 telah berbuah manis. Kini, KS salon yang dipimpinnya telah
maju pesat seiring perkembangan gaya hidup masyarakat modern.ibu Kamtini sangat
terbuka dengan berbagai hal hal modern, atau perkembangan zaman yang maju
sangat pesat.ide pembukaan salon ini awalnya dibentuk karena hobinya yang suka pergi ke salon untuk melakukan perawatan,
karena beliau berprinsip cantik bagi wanita itu wajib., hingga ia berpikir
untuk membuka salonnya sendiri.
1.Peluang Usaha Baru
Awal
pembukaan salon ini, beliau mengalami jatuh bangun seperti para pengusaha pada
umumnya. Ibu kamtini pada saat itu hampir mengalami kebangkrutan karena ketidak
percayaan konsumen. Namun ibu kamtini berusaha keras untuk membangun
kepercayaan kepada para konsumen degan meningkatkan fasilitas dan kualitas pada
salonnya.Keberhasilannya ini bukan tanpa kerja keras, ia sealalu berusaha untuk
memenuhi keinginan dan kepuasan konsumennya yang rata-rata adalah dari kalangan
menengah ke atas dengan objek utama adalah kalangan muda.
Ketika
salonnya mulai berkembang pesat. Banyak para konsumen yang menjadi pelanggan
tetap salonnya beliau mulai berfikir untuk memulai bisnis lainnya. Untuk
menambah fasilitas salonnya juga untuk kepuasan para konsumennya. Kemudia Fasilitas
salonpun sedikit demi sedikit ia kembangkan hingga ia mulai merambah ke dunia
kesehatan, yaitu refleksi. Keseriusannya untuk mengembankan diri ke dunia
kesehatan tidaklah main-main, ia membuktikannya dengan membuka refleksi, senam,
aerobic, dan terapi batu giok yang dibukanya dilantai atas salonnya. Ia
beranggapan bahwa kita tidak hanya harus cantik, tapi juga harus sehat. Ternyata
gayangpun bersambut, konsumennya sangat puas dengan penambahan semua fasilitas
tersebut. Bahkan kini konsumennya tidak hanya kaula muda, kini banyak juga
orang tua yang mulai melirik KS salon sebagai tempat untuk menjaga kebugaran
badan. KS salon berada di tempat yang cukup strategis dan suasana yang cukup
mendukung dan sangat menyenangkan sehingga konsumen nyaman.
KS
salon memberikan banyak peluang usaha untuk warga sekitar salonnya. Agar lebih
mendukung perkembangan salonnya dan juga memberikan kesempatan orang – orang
disekitarnya mendapatkan peluang kerja, beliau mendirikan kursus kencantikan
yang dilakukan di salonya sendiri, beliau juga memberikan pengajaran kepada para terapis dan karyawannya
untuk bekerja di salonnya. Mereka
mendapatkan pendidikan kecantikan sehingga dapat menangani para konsumen dengan
baik dan cermat sehingga tidak mengecewakan para konsumennya.
Pendirian
KS salon dan terapi sengaja dijadikan satu tempat oleh Ibu Kamtini, hal ini
dikarenakan untuk emnghemat biaya operasional dan juga untuk mempermudah
pengawasan, selain itu ini juga merupakan promosi yang mudah dan praktis
dilakukan juga memudahkan para konsumen yang ingin mempercantik diri dan
menjaga kesehatannya sehingga konsumen dapat menghemat waktu dan biaya yang
dikeluarkan.
2.Pembiayaan
Modal
awal berdirinya KS salon adalah dari uang simpanan pribadi Ibu Kamtini senilai
100jt. Modal tersebut diluar modal tanah dan bangunan untuk mendirikan salon
karena Ibu Kamtini sebelumnya sudah mempunyai ruko dua lantai di daerah
Proklamasi Depok 2 Tengah.
Tiga
tahun pertama, usaha salon Ibu Kamtini berjalan dengan lancar dan uang
modalnyapun sudah dapat kembali 100%. Hingga ia bisa mengembangkan usahanya
untuk membeli alat terapi dan perlengkapan untuk refleksi dan senam juga
aerobic.
Seperti
dijelaskan tadi di atas, awalnya, KS salon dikelola sendiri oleh Ibu Kamtini
dengan bantuan dua orang karyawannya. Ibu Kamtini terbiasa untuk ikut membantu
karyawannya mengurus konsumen salon. Namun, seiring berkembangnya usaha yang ia
miliki, ia kini cukup kewalahan menangani konsumennya, kini ia telah mempunyai
tujuh karyawan salon yang juga bertugas sebagai pegawai refleksi dan terapi
serta dua orang officer untuk mengurus semua administrasi salon, refleksi serta
terapinya.
Pada
awal – awal pembukaan soalon dan refleksi tak dinyana salon ini laris manis
oleh para konsumen, sehingga memicu
hadirnya para competitor yang tak rela legitnya bbisnis salon dan refleksi hanya dikuasai oleh
keluarga ibu Kamtini. Dan seolah tak mau kalah lagi ibu Kamtini mulai merambah
bisnis took burung. Usaha ini dipimpin oleh suami dan anak bungsungya, mereka
terjun langsung dalam pembukaan took burung tersebut. Took ini didirikan dari
hasil yang diperoleh dari salonnya yang laris dikunjungi para konsumen.
Pembukaan toko burung ini masih didaerah proklamasi namun cukup jauh dari salon
yang didirkannya.
3. Pemasaran
Adapun
pemasaran salon KS ini adalah dilakukan dengan cara penyebaran pamphlet,
pemasangan iklan di internet dan pembuatan blog tentang KS Salon. Penyebaran
pamphlet biasanya dilakukan setiap bulan dan tidak lupa setiap bulan akan ada
diskon paket tertentu untuk menarik konsumen. Sedangakan blog dan pemasangan
iklan dilakukan pembaruan minimal tiga bulan sekali.
Selain
dengan cara-cara tersebut, pemasarn yang paling utama dilakukan oleh KS salon
adalah dengan cara memberikan pelayanan sebaik mungkin pada konsumen, sehingga
secara otomatis konsumen akan kembali laki ke KS salon dan bahkan akan membawa
serta teman dan rekannya untuk datang ke KS salon.
Pemasaran
yang dilakukan oleh KS salon di internet lebih banyak dilakukan oleh anak-
anakny untuk ajang promosi salon dan refleksi.ada yang memilih memasarkan dari
mulut ke mulut ada juga yang hanya memberikan brosur, namun lebih banyak
menarik minat pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut para rekan-
rekannya. Serta keramahan ibu Kamtini terhadap para rekan dan ibu – ibu sekitar
komplek menjadikannya ajang promosi pengenalan salon refleksi dan toko burung
yang didirikannya.
Menurut
ibu akmtini ada juga beberapa alas an yang membuat salonnya tidak pernah sepi
konsumen . ia mengaku mempunyai banyak rekan yang kebetulan mempunyai usaha
serupa sehingga mereka melakukan kerja
sama yang cukup besar dengan beberapa salon salon lainnya di daerah Depok. Ibu
kamtini mengatakan dalam promosi pihaknya pernah menawarkan berbagai promosi
kesehatan dan kecantikan .
4. Kepemilikan
Ibu
kamtini tidak sendriri menjalankan usahanya tersebut. Ketiga anaknya juga ikut
berperan besar dalam nenjalankan usahanya tersebut dan turut memnbesarkan
usahanya tersebut.di tangan ke tiga anaknya yang gigih mereka melakukan
pemaasaran untuk mempromosikan salonnya serrta memberikan berbagai ide untuk memajukan usaha salonnya tersebut. Kepemilikan
salon KS dipegang oleh Ibu Kamtini sebagi pemilik tunggalnya. Usahanya juga
sudah mendaptkan ijin usaha dari dinas terkait. Namun kini seiring
berkembangkan salon KS, Ibu Kamtini mulai kewalahan sehingga ia meminta anaknya
sulungnya untuk membantu mengurus salon tersbut.
5. Direct Material
Karyawan
yang dipekerjakan pada awal kepemilikannya berjumlah dua orang yang backgroundnya
memiliki kemampuan dibidang stylish. Seiring berjalannya waktu maka Ibu Kamtini
merekrut 5 orang karyawan dan 2 orang officer. Dari lima orang karyawan yang
direkrutnya, tiga diantaranya memiliki background dibidang stylish, sedangkan
dua orang lainnya memliki kemampuan untuk refleksi dan menjalankan terapi batu
giok. Dua orang officer yang direkrut oleh Ibu Kamtini juga memiliki kemampuan
sebagai instuktur senam dan aerobic. Ibu Kamtini selalu berpikiran bahwa ia
harus memanfaatkan kemampuan dari tiap karyawannya dengan baik.
6. Kepemimpinan
Ibu
Kamtini memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, ia mampu menampung semua aspirasi
dari karyawannya dan tak segan menerima masukan dari konsumennya. Ia pun selalu
melek informasi mengenai hal-hal yang perlu di up date untuk salonnya. Untuk
mengembangkan salonnya, ia pun tak segan-segan untuk meng-up grade kemampuannya
maupun kemampuan karyawannya dalam berbagai hal. Sebagai contohnya adalah ia
menyekolahkan karyawannya ke sekolah kecantikan untuk meningkatkan kemampuan
soft skill karyawannya. Hal ini perlu ia lakukan karena selain untuk
meningkatkan pelayanan bagi konsumennya, hal ini juga dilakukan guna
memperbaiki kualitas hidup bagi karyawannya kelak.
7. Organisasi
KS
salon dipegang langsung oleh Ibu Kamtini sebagai pemilik, sedangkan
pengelolaannya dipegang oleh anak sulungnya. Sukses dengan bisnis salonnya ia mulai melirik
bidak kesehatan dan toko burung . maka dibukalah salon dan refleksi yang sudah
saya jelaskan sebelumnya.
Disekitar
salon tersebut ada bekas ruko yang tidak digunakan. Maka karena khawatir ruko
itu disewa orang lain untuk membuka bisnis serupa disekitar salonnya lagi maka
iya membeli ruko tersebut dan mendirikan toko burung yang ditanganni langsung
oleh suami dan anak bungsunya yang langsung bekerja disana. Di usahanya kali
ini beliau tidak menggunakan karyawan, namun langsung terjun ke dalam usahanya
tersebut. Namun yang berperan besar dalam menjalankan roda bisnis nya adalah
suami dan anak bungsunya ibu Kamtini.
8. Evaluasi Usaha
Usaha
yang telah dirintis sejak sepuluh tahun yang lalu ini berjalan bukan tanpa hambatan,
usaha ini punbukan tanpa saingan. Tapi Ibu Kamtini mampu membawa KS Salon terus
berjalan dan terus berkembang. Hambatan yang ada berasal dari berbagai aspek,
diantaranya adalah hambatan modal. Modal yang dimiliki Ibu Kamtini untuk terus
mengambangkan usahanya mengalami kendala, maka ia memutuskan untuk meminjam
dana segar dari bank. Karena dilihat mampu mengembangkan usahanyua dengan baik,
maka bank pun dengan mudah mengucurkan dananya. Dana yang ia dapat dari bank
tidaklah ia sia-siakan, ia mulai mengambangkan KS salon dari segala sisi, baik
dari kuantitasnya maupun kualitasnya.
Awalnya
sasaran utama KS salon adalah kaula muda kalangan menengah atas, namun seiring
berjalannya waktu, sasaran utamanya kini berubah menjadi seluruh umur dari
semua kalangan. Rupanya target dari KS salon ini berhasil dengan baik, bahkan
kini banyak anak-anak yang mulai tertarik untuk sekedar potong rambut atau
creambath di KS salon sambil menunggu orang tuanya yang juga sedang treatment
di KS salon.
Target
yang diharpakan oleh ibu kamtini sudah tercapai dengan baik. Namun beliau masih
ingin mengembangkan usahanya diluar daerah.. atau membuka cabang salonnya.
Namun untuk fasilitas beliau sudah merasa puas dengan keberhasilannya
mendirikan salon.
B. ISI
Analisis Keberhasilan
Usaha ini bias
dibilang berhasil, karena dari sisi financial, Ibu Kamtini telah berhasil
mengembalikan semua modal yang ia gunakan untuk membangun dan mengembangkan KS
Salon. Dari sisi konsumennya, KS salon cukup terkenal dan terkenal sangat kompeten
dibidangnya. Hampir