Senin, 01 Juli 2013

kewirausahaan 3



 7 Aspek Kewirausahaan

1.      Aspek pasar dan pemasaran yaitu rencana pemasaran output yang dihasilkan oleh proyek dan rencana penyediaan input.
Aspek pasar usaha kebab Baba Rafi ini, menggunakan tempat di kawasan Tebet di Jakarta Selatan tepatnya Jl.Tebet Utara Dalam, selain di Kemang.
Aspek pemasaran usaha kebab Baba Rafi ini, mengunakan system 4P yaitu
·         Produk                        : produk yang ditawarkan selain produk Distro dengan berbagai merk juga di buka ushanya dalam bisnis kuliner
·         Place                     : tempat untuk menjual baju distro di kawasan Tebet
·         Promotion          : untuk mempromosikan distro dan bisnis kulinernya ini, dengan cara mouth to mouth dan promosi di berbagai majalah
·         Price                      : harga yang ditawarkan untuk sepotong kaos dibandrol Rp.75.000 – 200.000,-

2.      Aspek teknis yaitu aspek teknis yang dibuat dengan jelas agar teknisnya dapat dianalisis secara tepat.
Teknis yang dilakukan dalam usaha distro dan kulinernya dengan membuka beberapa cabang/outlet. Dan ini teknis ini berhasil serta berkembang di Indonesia.

3.      Aspek keuangan yaitu aspek yang tujuannya menghasilkan benefit dan profit.
Dengan usaha Distro ini, A.Kardjono  kurang lebih 3triliun/bulannya


4.      Aspek institusional, organisasional, manajerial yaitu badan pelaksana badan bentuk organisasi yang system pengelolannya dari usaha yang direncanakan.
Usaha Distro ini menggunakan system manajerial. Dan yang mengolahnya adalah anak-anaknya A.Kardjono.

5.      Aspek lingkungan yaitu analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) yang sangat berpengaruh terhadap lingkungan baik positif maupun negative.                                                    
Usaha distro ini mematuhi AMDAL yang berlaku karena ini sudah menjadi prisip dalam mengatur usaha ini.

6.      Aspek legalitas yaitu aspek yang tidak bertentangan dengan kebijakan pemerintah dan hukum.
Untuk usaha distro dan kuliner ini, usaha ini mengikuti aturan yang terdapat di Indonesia yaitu dengan mengeluarkan atau menyertakaan sertifikat halal untuk makanan ini dan ini adalah usaha legal.

7.      Aspek social dan ekonomi yaitu aspek yang digunakan dalam proyek besar yang direncanakan dalam hal ekonomi.
Untuk aspek social bisa diliat dengan banyaknya karyawan di usaha distro dan kuliner milik A.Kardjono ini yaitu berjumlah 70 orang pada awalnya. Yang berarti usaha ini dapat menyerap tenaga kerja yang banyak. Dan untuk aspek ekonominya, usaha ini dapat meningkatkan jumlah pendapatan Negara serta taraf hidup seorang karyawannya.

Kewirausahaan 2



 13 Aspek Kewirausahaan

1.      Kapan dan dimana ia mulai usaha? Apakah dengan usaha yang sama?
Usaha Hendy dibidang Distro dimulai pada bulan September tahun 2003. Ini adalah usaha pertamanya dalam bidang Distro yang idenya berasal dari anak ke-2nya Berto.

2.      Apakah ia mengembangkan usaha sebagai usaha sendiri?
Iya, Bapak Karjono  mengembangkan usahanya sebagai usaha sendiri yang dijalankan oleh ke-3 anaknya

3.      Sumber modal awal usahanya, dana sendiri apa dari luar? Sebutkan jumlahnya !
Modal pertama A.Kardjono berasal dari modal sendiri sebesar Rp 50.000.000,-

4.      Dimana ia pertama kali memasarkan produknya?
A.KArdjono pertama kali memasarkan membuka usahanya Selain diKemang juga di Tebet, tepatnya Jl.Tebet Utara Dalam

5.      Apakah menjual produk yang sama?
A.Kardjono tidak menjual menjual produk yang sama, ia juga membuka usaha lainnya di sekitar kawasan tersebut.

6.      Siapa pemilik usaha itu dari awal hingga sekarang?
Pemilik usaha ini dari awal hingga sekarang adalah A.Kardjono.

7.      Apa bentuk kepemilikannya?
Bentuk kepemilikan Distro A.Kardjono adalah Perseroan Terbatas (PT) Endorsindo Makmur Selaras (EMS)

8.      Berapa banyak tenaga kerja pada awal hingga saat ini?
Tenaga kerja saat usaha ini dirintis adalah anak –anak A.kardjono dan 70 orang karyawan serta menggendeng lebih dari 100 pemasok
9.      Apakah ada system manajemen tertentu, yang diterapkan pada saat ini?
Untuk saat ini tidak ada system manajemen yang diterapakan untuk usaha distro dan kuliner milik A.Kardjono

10.  Apakah ada orang yang ditunjuk sebagai ketua/coordinator dalam usaha ini? Bagaimana cara penunjukkan ketua/coordinator tersebut?
Untuk usaha Disto dan kuliner ini bpk.Kardjono ditunjuk langsung oleh anak-anaknya sebagai ketua/mediator usahanya.

11.  Apakah ada prestasi yang dicapai dari usaha tersebut?
Ada,. Setelah dari mulut ke mulut para artis, distro milik A.Kardjono mulai terdengar di kalangan media.majalah remaja tertarik meminjam pakaian dr distro A.kardjono untuk sesi foto,majalah distro Sueve yang beroplah 10 ribu eksemplar itu memuat koleksi distro A.Kardjono dan mulai tercuium di kalangan rumah produksi.pemasarannya mulai menembus luar kota hingga mancanegara.

12.  Menurut anda, apakah usaha tersebut termasuk usaha sukses? Gunakan 7aspek kelayakan usaha!
1.      Aspek pasar dan pemasaran adalah rencana pemasaran output yang dihasilkan oleh proyek dan rencana penyediaan input.
2.      Aspek teknis adalah aspek teknis yang dibuat dengan jelas agar teknisnya dapat dianalisis secara tepat.
3.      Aspek keuangan adalah aspek yang tujuannya menghasilkan benefit dan profit.
4.      Aspek institutional, organisasional, manajerial adalah badan pelaksana badan bentuk organisasi yang sistem pengelolaannya dari usaha yang direncanakan.
5.      Aspek lingkungan adalah analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) yang sangat berpengaruh terhadap lingkungan baik positif maupun negatif.
6.      Aspek legalitas adalah aspek yang tidak bertentangan dengan  kebijakan pemerintah dan hukum,.
7.      Aspek sosial dan ekonomi adalah aspek yang digunakan dalam proyek besar yang direncanakan dalam hal ekonomi.



13.  Apakah menurut anda usaha tersebut dapat berkembang?
Iya, usaha ini dapat berkembang dan ini bisa diliat dari banyaknya tenaga kerja yang diserap serta banyaknya cabang/outlet dari usaha Distro ini.

kewirausahaan 1



KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan-Nya mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui lebih detail tentang usaha susu sapi murni. Makalah ini disusun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun  maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah, akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini memuat tentang “KS Salon” , karena penyusun ingin mendalami tentang cara membuka usaha tersebut.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Dengan demikian penyusun mengucapkan terima kasih.

                                                                                    Jakarta, 25 Juni 2013
                                               
                                                                                                 Penulis

























Makalah Kewirausahaan
Pengusaha Salon Sukses di Kota Depok
 NAMA :SARAH
KELAS : 2DA01
NPM : 47211890



A. PENDAHULUAN
Ibu Kamtini merupakan ibu 3 orang anak.selain sebagai ibu rumah tangga beliau juga bekerja di kantor kantor swata. Beliau mendirikan beberapa usaha seperti salon, toko burung juga tempat terapi. Usaha salon yang dirintis oleh Ibu Kamtini sejal tahun 2003 telah berbuah manis. Kini, KS salon yang dipimpinnya telah maju pesat seiring perkembangan gaya hidup masyarakat modern.ibu Kamtini sangat terbuka dengan berbagai hal hal modern, atau perkembangan zaman yang maju sangat pesat.ide pembukaan salon ini  awalnya dibentuk karena hobinya yang suka  pergi ke salon untuk melakukan perawatan, karena beliau berprinsip cantik bagi wanita itu wajib., hingga ia berpikir untuk membuka salonnya sendiri.
1.Peluang Usaha Baru
Awal pembukaan salon ini, beliau mengalami jatuh bangun seperti para pengusaha pada umumnya. Ibu kamtini pada saat itu hampir mengalami kebangkrutan karena ketidak percayaan konsumen. Namun ibu kamtini berusaha keras untuk membangun kepercayaan kepada para konsumen degan meningkatkan fasilitas dan kualitas pada salonnya.Keberhasilannya ini bukan tanpa kerja keras, ia sealalu berusaha untuk memenuhi keinginan dan kepuasan konsumennya yang rata-rata adalah dari kalangan menengah ke atas dengan objek utama adalah kalangan muda.
Ketika salonnya mulai berkembang pesat. Banyak para konsumen yang menjadi pelanggan tetap salonnya beliau mulai berfikir untuk memulai bisnis lainnya. Untuk menambah fasilitas salonnya juga untuk kepuasan para konsumennya. Kemudia Fasilitas salonpun sedikit demi sedikit ia kembangkan hingga ia mulai merambah ke dunia kesehatan, yaitu refleksi. Keseriusannya untuk mengembankan diri ke dunia kesehatan tidaklah main-main, ia membuktikannya dengan membuka refleksi, senam, aerobic, dan terapi batu giok yang dibukanya dilantai atas salonnya. Ia beranggapan bahwa kita tidak hanya harus cantik, tapi juga harus sehat. Ternyata gayangpun bersambut, konsumennya sangat puas dengan penambahan semua fasilitas tersebut. Bahkan kini konsumennya tidak hanya kaula muda, kini banyak juga orang tua yang mulai melirik KS salon sebagai tempat untuk menjaga kebugaran badan. KS salon berada di tempat yang cukup strategis dan suasana yang cukup mendukung dan sangat menyenangkan sehingga konsumen nyaman.
KS salon memberikan banyak peluang usaha untuk warga sekitar salonnya. Agar lebih mendukung perkembangan salonnya dan juga memberikan kesempatan orang – orang disekitarnya mendapatkan peluang kerja, beliau mendirikan kursus kencantikan yang dilakukan di salonya sendiri, beliau juga memberikan pengajaran  kepada para terapis dan karyawannya untuk  bekerja di salonnya. Mereka mendapatkan pendidikan kecantikan sehingga dapat menangani para konsumen dengan baik dan cermat sehingga tidak mengecewakan para konsumennya.
Pendirian KS salon dan terapi sengaja dijadikan satu tempat oleh Ibu Kamtini, hal ini dikarenakan untuk emnghemat biaya operasional dan juga untuk mempermudah pengawasan, selain itu ini juga merupakan promosi yang mudah dan praktis dilakukan juga memudahkan para konsumen yang ingin mempercantik diri dan menjaga kesehatannya sehingga konsumen dapat menghemat waktu dan biaya yang dikeluarkan.
2.Pembiayaan
Modal awal berdirinya KS salon adalah dari uang simpanan pribadi Ibu Kamtini senilai 100jt. Modal tersebut diluar modal tanah dan bangunan untuk mendirikan salon karena Ibu Kamtini sebelumnya sudah mempunyai ruko dua lantai di daerah Proklamasi Depok 2 Tengah.
Tiga tahun pertama, usaha salon Ibu Kamtini berjalan dengan lancar dan uang modalnyapun sudah dapat kembali 100%. Hingga ia bisa mengembangkan usahanya untuk membeli alat terapi dan perlengkapan untuk refleksi dan senam juga aerobic.
Seperti dijelaskan tadi di atas, awalnya, KS salon dikelola sendiri oleh Ibu Kamtini dengan bantuan dua orang karyawannya. Ibu Kamtini terbiasa untuk ikut membantu karyawannya mengurus konsumen salon. Namun, seiring berkembangnya usaha yang ia miliki, ia kini cukup kewalahan menangani konsumennya, kini ia telah mempunyai tujuh karyawan salon yang juga bertugas sebagai pegawai refleksi dan terapi serta dua orang officer untuk mengurus semua administrasi salon, refleksi serta terapinya.
Pada awal – awal pembukaan soalon dan refleksi tak dinyana salon ini laris manis oleh para konsumen, sehingga  memicu hadirnya para competitor yang tak rela legitnya bbisnis  salon dan refleksi hanya dikuasai oleh keluarga ibu Kamtini. Dan seolah tak mau kalah lagi ibu Kamtini mulai merambah bisnis took burung. Usaha ini dipimpin oleh suami dan anak bungsungya, mereka terjun langsung dalam pembukaan took burung tersebut. Took ini didirikan dari hasil yang diperoleh dari salonnya yang laris dikunjungi para konsumen. Pembukaan toko burung ini masih didaerah proklamasi namun cukup jauh dari salon yang didirkannya.
3. Pemasaran
Adapun pemasaran salon KS ini adalah dilakukan dengan cara penyebaran pamphlet, pemasangan iklan di internet dan pembuatan blog tentang KS Salon. Penyebaran pamphlet biasanya dilakukan setiap bulan dan tidak lupa setiap bulan akan ada diskon paket tertentu untuk menarik konsumen. Sedangakan blog dan pemasangan iklan dilakukan pembaruan minimal tiga bulan sekali.
Selain dengan cara-cara tersebut, pemasarn yang paling utama dilakukan oleh KS salon adalah dengan cara memberikan pelayanan sebaik mungkin pada konsumen, sehingga secara otomatis konsumen akan kembali laki ke KS salon dan bahkan akan membawa serta teman dan rekannya untuk datang ke KS salon.
Pemasaran yang dilakukan oleh KS salon di internet lebih banyak dilakukan oleh anak- anakny untuk ajang promosi salon dan refleksi.ada yang memilih memasarkan dari mulut ke mulut ada juga yang hanya memberikan brosur, namun lebih banyak menarik minat pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut para rekan- rekannya. Serta keramahan ibu Kamtini terhadap para rekan dan ibu – ibu sekitar komplek menjadikannya ajang promosi pengenalan salon refleksi dan toko burung yang didirikannya.
Menurut ibu akmtini ada juga beberapa alas an yang membuat salonnya tidak pernah sepi konsumen . ia mengaku mempunyai banyak rekan yang kebetulan mempunyai usaha serupa  sehingga mereka melakukan kerja sama yang cukup besar dengan beberapa salon salon lainnya di daerah Depok. Ibu kamtini mengatakan dalam promosi pihaknya pernah menawarkan berbagai promosi kesehatan dan kecantikan .
4. Kepemilikan
Ibu kamtini tidak sendriri menjalankan usahanya tersebut. Ketiga anaknya juga ikut berperan besar dalam nenjalankan usahanya tersebut dan turut memnbesarkan usahanya tersebut.di tangan ke tiga anaknya yang gigih mereka melakukan pemaasaran untuk mempromosikan salonnya serrta memberikan berbagai ide untuk  memajukan usaha salonnya tersebut. Kepemilikan salon KS dipegang oleh Ibu Kamtini sebagi pemilik tunggalnya. Usahanya juga sudah mendaptkan ijin usaha dari dinas terkait. Namun kini seiring berkembangkan salon KS, Ibu Kamtini mulai kewalahan sehingga ia meminta anaknya sulungnya untuk membantu mengurus salon tersbut.
5. Direct Material
Karyawan yang dipekerjakan pada awal kepemilikannya berjumlah dua orang yang backgroundnya memiliki kemampuan dibidang stylish. Seiring berjalannya waktu maka Ibu Kamtini merekrut 5 orang karyawan dan 2 orang officer. Dari lima orang karyawan yang direkrutnya, tiga diantaranya memiliki background dibidang stylish, sedangkan dua orang lainnya memliki kemampuan untuk refleksi dan menjalankan terapi batu giok. Dua orang officer yang direkrut oleh Ibu Kamtini juga memiliki kemampuan sebagai instuktur senam dan aerobic. Ibu Kamtini selalu berpikiran bahwa ia harus memanfaatkan kemampuan dari tiap karyawannya dengan baik.

6. Kepemimpinan
Ibu Kamtini memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, ia mampu menampung semua aspirasi dari karyawannya dan tak segan menerima masukan dari konsumennya. Ia pun selalu melek informasi mengenai hal-hal yang perlu di up date untuk salonnya. Untuk mengembangkan salonnya, ia pun tak segan-segan untuk meng-up grade kemampuannya maupun kemampuan karyawannya dalam berbagai hal. Sebagai contohnya adalah ia menyekolahkan karyawannya ke sekolah kecantikan untuk meningkatkan kemampuan soft skill karyawannya. Hal ini perlu ia lakukan karena selain untuk meningkatkan pelayanan bagi konsumennya, hal ini juga dilakukan guna memperbaiki kualitas hidup bagi karyawannya kelak.
7. Organisasi
KS salon dipegang langsung oleh Ibu Kamtini sebagai pemilik, sedangkan pengelolaannya dipegang oleh anak sulungnya.  Sukses dengan bisnis salonnya ia mulai melirik bidak kesehatan dan toko burung . maka dibukalah salon dan refleksi yang sudah saya jelaskan sebelumnya.
Disekitar salon tersebut ada bekas ruko yang tidak digunakan. Maka karena khawatir ruko itu disewa orang lain untuk membuka bisnis serupa disekitar salonnya lagi maka iya membeli ruko tersebut dan mendirikan toko burung yang ditanganni langsung oleh suami dan anak bungsunya yang langsung bekerja disana. Di usahanya kali ini beliau tidak menggunakan karyawan, namun langsung terjun ke dalam usahanya tersebut. Namun yang berperan besar dalam menjalankan roda bisnis nya adalah suami dan anak bungsunya ibu Kamtini.
8. Evaluasi Usaha
Usaha yang telah dirintis sejak sepuluh tahun yang lalu ini berjalan bukan tanpa hambatan, usaha ini punbukan tanpa saingan. Tapi Ibu Kamtini mampu membawa KS Salon terus berjalan dan terus berkembang. Hambatan yang ada berasal dari berbagai aspek, diantaranya adalah hambatan modal. Modal yang dimiliki Ibu Kamtini untuk terus mengambangkan usahanya mengalami kendala, maka ia memutuskan untuk meminjam dana segar dari bank. Karena dilihat mampu mengembangkan usahanyua dengan baik, maka bank pun dengan mudah mengucurkan dananya. Dana yang ia dapat dari bank tidaklah ia sia-siakan, ia mulai mengambangkan KS salon dari segala sisi, baik dari kuantitasnya maupun kualitasnya.
Awalnya sasaran utama KS salon adalah kaula muda kalangan menengah atas, namun seiring berjalannya waktu, sasaran utamanya kini berubah menjadi seluruh umur dari semua kalangan. Rupanya target dari KS salon ini berhasil dengan baik, bahkan kini banyak anak-anak yang mulai tertarik untuk sekedar potong rambut atau creambath di KS salon sambil menunggu orang tuanya yang juga sedang treatment di KS salon.
Target yang diharpakan oleh ibu kamtini sudah tercapai dengan baik. Namun beliau masih ingin mengembangkan usahanya diluar daerah.. atau membuka cabang salonnya. Namun untuk fasilitas beliau sudah merasa puas dengan keberhasilannya mendirikan salon.











B. ISI
Analisis Keberhasilan
Usaha ini bias dibilang berhasil, karena dari sisi financial, Ibu Kamtini telah berhasil mengembalikan semua modal yang ia gunakan untuk membangun dan mengembangkan KS Salon. Dari sisi konsumennya, KS salon cukup terkenal dan terkenal sangat kompeten dibidangnya. Hampir