Minggu, 05 Januari 2014

Peranan Pemrosesan Komputer Dalam Pemecahan Masalah

Peranan Pemrosesan Komputer Dalam Pemecahan Masalah
 


Nama                   : Sarah
Kelas                   : 3DA01
NPM                    : 47211890


Universitas Gunadarma
D3 Akuntansi Komputer
Fakultas Bisnis dan Kewirausahaan




BAB I
PENDAHULUAN

Komputer merupakan  salah satu alat yang banyak digunakan diberbagai aspek kehidupan manusia untuk mempermudah berbagai pekerjaan dan menyelesaikan berbagai permasalahan dalam berbagai aspek..
Masalah yang sering dihadapi seperti: mengambil data,memproses data dan mengeluarkan data yang telah diproses. Ketika memproses data , pekerjaan penting yang dilakukan komputer adalah :
- transfer data
- kalkulasi data
Berdasarkan fungsi dan proses inilah , komputer membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh manusia. Dalam pemakaiannya, computer tidak dapat berdiri sendiri. Tetapi diperlukan peran manusia untuk ‘mengendalikan’ kerja-kerja computer.














BAB II
PEMBAHASAN
A.    Definisi Komputer
Komputer merupakan alat yang digunakan dalam mengolah data berdasarkan prosedur yang telah dirumuskan. Penggunaan kata computer sendiri awal mulanya untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu. Akan tetapi seiring dengan perkembanganya arti kata komputer beralih pada mesin itu sendiri.
sedangkan menurut para ahli computer didefinisikan sebagai :

·         Menurut: Donald H. Sanderes, 1985
Sanderes berpendapat, komputer adalah sistem elektronik yang memiliki kemampuan memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (OS/Operating System) yang tersimpan di didalam penyimpannya (stored program).

·       Menurut: Robert H. Blissmer, 1985
Blissmer berpendapat, komputer adalah suatu alat elektronik yang memiliki kemampuan melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.


·       Menurut: Larry Long dan Nancy Long
Menurut Larry dan Nancy, komputer adalah alat hitung elektronik yang bisa menginterpresentasikan serta melaksanakan perintah program berupa input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik lainya.

Berdasarkan generasinya komputer terbagi menjadi empat masa, yaitu :
  • Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
  • Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
  • Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
  • Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)
Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data dan menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer.Elemen-elemen dari system computer tersebut terdiri dari hardware, software dan brainware.Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software,demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak bermanfaat apabila tidak ada manusia(brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
Berdasarkan data yang diolah, ada tiga golongan komputer yaitu : a) Komputer Analog, b) Komputer Digital dan c) Komputer Hybrid. Sedangkan berdasarkan penggunaannya ada komputer untuk tujuan khusus dan komputer untuk tujuan umum. Berdasarkan kapasitas dan ukurannya ada enam golongan komputer yaitu : a) Komputer Mikro, b) Komputer Mini, c) Komputer Kecil, d) Komputer Menengah, e) Komputer Besar dan f) Komputer Super. (Wahono, 2003 : 1).
B.       Peran Komputer Dalam Pembelajaran
Menurut Gagne dan Briggs dalam Rosenberg (2000), komputer dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena memiliki kelebihan dari media pembelajaran yang lain dan memiliki fungsi antara lain sebagai berikut :
  • Hubungan Interaktif : Komputer dapat menjembatani hubungan komunikasi antara dua orang atau lebih. Komputer dapat memunculkan ide-ide atau wacana baru dan meningkatkan minat terhadap media.
  • Pengulangan : Pengguna komputer terutama mahasiswa atau dosen dan guru dapat mengulang materi atau bahan ajar dengan metode yang menarik yang telah disediakan komputer seperti musik, video, atau microsoft office.
  • Feedback and Reward : Dengan komputer guru atau dosen dapat memberikan saran atau perbaikan dan tentu saja pujian kepada mahasiswa yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Saran dan pujian ini dpaat disampaikan secara online dan seketika sehingga mahasiswa yang lain dapat mengetahui saran, perbaikan dan pujian tersebut yang tentunya juga dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan potensi diri terutama dalam pembelajaran.
Komputer adalah media yang dapat digunakan dalam pengajaran dengan berbagai metode yang berbeda-beda. Peran komputer secara umum adalah :
  • Komputer dapat menjadi pengganti dosen dalam belajar.
  • Dengan komputer para pembelajar bahasa dapat menentukan sendiri program bahasa yang disukainya dan belajar sesuai dengan kemampuan dan waktu yang dimiliki.
  • Dapat memotivasi para pembelajar lewat variasi pelajaran dengan suara dan gambar.
  • Program komputer dapat menghitung jawaban yang benar dan salah secara otomatis, sehingga para pembelajar dapat mengetahui skor/nilai segera setelah soal-soal dikerjakan.
C.          Peranan Komputer Dalam Pemecahan Masalah
Proses kerja komputer secara sederhana adalah :
Proses pertama            : Menerima perintah yang User masukan melalui perangkat input seperti keyboard dan mouse
Proses kedua               : Mengolah perintah yang sudah diterima dari User, perangkat keras yang mengelola perintahnya adalah prosesor atau juga sering disebut sebagai otak komputer, prosesor memiliki tiga bagian penting yaitu:
a. Control Unit(CU)=Mengontrol semua kerja perangkat yang terpasang dalam komputer
b. Arithmatic Logical Unit(ALU)=Mengelola semua proses yang berhubungan dengan logika dan matematika, seperti ketika kita menggunakan kalkulator maka proses menghitungnya diproses oleh ALU
c. Memory Unit(MU)=Sebagai unti pendukung, dimana proses yang sering dilakukan oleh prosesor sementara akan tersimpan dalam unit ini
Proses ketiga               : Mengeluarkan(Output) hasil dari perintah yang sudah diolah didalam prosesor melalui perangkat output seperti monitor(Mengeluarkan tampilan), spiker(Mengeluarkan suara), printer(Mengeluarkan hasil cetakan) dan melalui perangkat output lain. Dalam sebuah computer terdapat alat input dan output yang bekerja saling berhubungan satu sama lain.
Semua alat input dan output dapat berkontribusi pada pemecahan masalah baik secara langsung dan tidak langsung. Contoh: keyboard , display, printer dan plotter (berperan langsung), source data automation device, microfilm (berperan tidak langsung). Seperti halnya perangkat keras, perangkat lunak dapat juga berperan langsung atau tidak langsung. Contoh: sistem operasi (berperan tidak langsung), aplikasi bisnis umum dan industri (berperan tidak langsung













BAB III
KESIMPULAN

Peranan Pemrosesan computer dalam pemecahan masalah adalah sangat sederhana. Yaitu dari perintah user ke computer melalui keyboard atau mouse. Kemudian dilanjutkan dengan mengolah perintah tersebut melalui otak komputer yang bernama processor. Dan yang terakhir adalah mengeluarkan hasil dari perintah tersebut berupa data yang kita butuhkan dan bisa beupa tampilan di monitor, suara dari speaker dan hasil cetakan data dari printer. Kita dapat menyimpulkan bahwa proses bekerjanya sebuah komputer tidak lepas dari peranan peralatan input, output serta software yang menggerakannya. Jika salah satu saja tidak memenuhi, maka komputer tersebut tidak akan bisa bekerja. Atau dengan kata lain tidak dapat digunakan.






























Tidak ada komentar:

Posting Komentar